Antara ingatan dan rindu

Apa yang kau ingat saat awal dikandungan ibumu, dilahirkan, dibesarkan sampai akhirnya kau menginjak usia ini? Saat kau membaca pertanyaan ini apa yang kamu rasakan? Senang? Sedih? Kesal? Atau ragu? Bahkan takut? Atau sebaliknya sangat berterimakasih dan mengucapkan rasa syukur?

Tapi, bukan itu yang akan kubicarakan. Tapi tentang ingatan.
Ingatanku mungkin tak setajam dan selama bertahan kalian. Momen yang membuat kebahagian, ketakutan atau bahkan kesedihan maupun tangisan, serta pertengkaran bahkan kesalahan serta bahkan kehilangan itu adalah beberapa faktor yang membuat ingatanku kuat. sangat ingat, betapa ingat karena hal itu melebihi momen yang telah dilalui.
Salah satu dari yang lainnya yang berkaitan dengan ingatan adalan N-A- M-A.
Menyebutkan nama? Dulu aku jagonya. Sekarang ? Sekarang dan dulu tak sama tapi aku selalu mencoba, karena sebuah nama yg dimiliki adalah sebuah kebanggaan pada diri. Serta wajahlah yang harus diingat selain nama. Alih-alih tertukar bisa tertawa atau kecewa hahaha.

Melanjutkan kembali yang akan kutulis. Ingatanmu sejauh apa dan sedalamkah?
Aku tak ingat saat di dalam kandungan dan dilahirkan.
Perbincanganpun aku tak ingat
Bahkan hari dimana kelahiranku dirayakan aku pun tak ingat
Orang yang menggendongku, memanggilku, membuatku tertawa atau menangis. Mereka yang mengingatku. Maaf dan senyum yang bisa terlontar serta terimakasih.
Tapi satu hal yang membuat aku mengetahui dan mengingatnya adalah sebuah gambar yang diabadikan. Berawal hanya satu hingga menjadi sekumpulan tentang diriku.
Dikumoulan gambar itu ada hal yang menarik. Apakah kau tahu? Senyuman, ya senyum orang yang kau sayangi, orang yang kau rindukan dan orang yang kau banggakan itu. Tersenyum.
Saat itu dia menggendongmu dengan senyum yang indah. Begitu mungil, begitu lemahnya seorang bayi dalam dekapannya. Hanya tangisan yang membuat mereka begitu bahagia.
Aku sangat berterimakasih dan bersyukur, aku adalah salah satu dari sebuah cinta yang terabadikan dalam gambar.

Seperti halnya smpai saat ini banyak orang yang mengabadikan dan menyimpannya. Aku pun demikian. Setiap peristiwa apapun aku pun melakukannya tanpa bosan. Sampai pada titik, aku menyesal karena tak mendapatkan momen itu dan tak kembali lagi.
Gambar itu membuat kita rindu, menjadikan sebuah cerita atau bahkan kenangan yang hanya diketahui oleh mereka dan sang Pencipta.

Inilah salah satu dari sekian banyak bantuan dari ingatanku sebuah gambar.
Kau taukah nama lain dari sebuah gambar ini yang kubicarakan. Yap benar, itu ialah foto.Ingatan itulah yang membuatku rindu.
Ya, aku sangat rindu, begitu teramat rindu padanya yang kini tak mungkin dapat berbicara, kepada kita yang suka bercengkrama, berkumpul, bermain, atau saling bertengkar serta beromel ria (hahahaha, aku begitu rindu), kepada kamu yang berbolang, mengajarkan, bersama, kepda mereka yang suka bergosip, menentang, bersandiwara, bahkan tak mau tahu, kita yang selalu bernyanyi, tertwa, berkeluh kesah, serta saling mendorong memeberi semangat, kamu yang suka menemani, mengomel, menindas, mengingatkan, berkerjasama, membantu, mengacuhkan serta kepada hati yang pernah bertanya tanpa pernah ada jawaban.

Entah rindu sampai kapan tertahankan, terpendam dalam sebuah ukiran senyuman.
Rasanya hanya ingin memiliki sebuah kantong dengan wajah tetap teesenyum.
Sang Pencipta yang memiliki keajaiban, Engkau sangat mudah memberikan rasa rindu ini pada mereka, bolehkan aku meminta selipkan mimpi indah mereka (satu-persatu) bersamaku. Salamkan bahwa aku rindu pada mereka semua. Aku ingin bermain, berjumpa dan melihatnya.
Apakah itu berlebihan?

Doaku semoga selalu sehat ya, makan yang lahap, berikan senyuman yang indah untuk sekelilingmu. Serta maafkan beribu maaf saat aku pernah menyakiti.

Bandung, dini hari yang sunyi.
Oktober 2015- muharram 1437H

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s